Review on Budget : PRIMADERMA VITALIZING C SERUM

01.15


Haloo… 

Lama banget enggak bikin tulisan. Yang mana belakangan ini aku makin iri sama manusia2 konsisten yang rajin menulis jadi aku pikir daripada mengandalkan iri aja, kenapa nggak jadi manusia aktif sekalian? Hahaha..

Semenjak menikah katanya orang2 disekitarku sih aku jadi jauh lebih aktif ngelakuin ini itu. Mungkin ini kayak semacam restart kehidupan ya jadi tanpa sadar alam bawah sadarku mulai nge-reset tingkah lakuku biar makin jadi manusia berguna #ehhh

Jadiii, ga usah basa basi kepanjangan yaa.. kali ini aku mau buat review produk vitamin C local kualitas Impor (LAH?) Nggak…nggak… lebay banget sih.


PRIMADERMA VITALIZING C SERUM, jarang banget pasti yang denger nama produk ini. Ini produk lokal buatan Sidoarjo loh. Iya, bahkan aku sendiri saat bikin review baru sadar kalau produk ini buatan kotaku sendiri hahaha. Dibuat oleh PT. United Farmatic Indonesia, produk ini sudah pasti memiliki nomor BPOM. Untuk kamu yang masih merasa kurang yakin kamu bisa mengeceknya langsung diwebsite BPOM.


Back to the serum, mau bedah dikit soal serum vitamin C. Ada 2 jenis serum Vit C yang dipasarkan. Tetapi dari jenisnya (kamu bisa cek melalui komposisinya) Serum Vitamin C jenisnya secara garis besar ada 3 macam.


Nah untuk produk yang aku review kali ini, dia menggunakan jenis AA atau Ascorbic Acid. Ini adalah serum Vit C yang paling lemah sama suhu. Mudah teroksidasi dan rusak, tapi merupakan komposisi yang paling efektif yang pernah aku coba.

Biasanya produk dengan bahan ini dicantumkan dengan kadar kandungannya. Jadi konsumen bisa langsung tahu berapa persentase yang mereka gunakan. Selain gampang2 susah dalam penyimpanan, Vit C berbahan AA biasanya memiliki tekstur yang agak licin sehingga bisa mempengaruhi finishnya dalam diaplikasikan kekulit. Aku pribadi mempercayai bahwa Vit C jenis ini dalam cara pemakaiannya pun berbeda.


Kalau biasanya Serum digunakan pada step setelah Toner dan sebelum Moisturizer, untuk yang satu ini digunakannya sebelum memakai Toner. Karena pengaruh PH yang rendah sehingga cara pakainya pun berbeda. Tapi ada juga yang memakainya setelah step Toner yang mana menurutku sah sah saja. Selama tidak memberikan gejala negatif apapun dikulitmu.

Primaderma ini memiliki 3 jenis Vit C dengan kadar yang berbeda-beda. Merk ini memisahkan serumnya melalui nama produknya, yaitu mulai dari kandungan Vit C 10%, 15% dan yang paling tingi adalah 20%. Selama menggunakan Vit C sebagai salah satu skincare routine ku, aku belum pernah memakai kandungan melebihi 20%. Aku rasa 20% cukup tinggi dan batas maksimal Vit C yang dipasarkan secara bebas. Untuk Primaderma ini sendiri membedakannya cukup dengan melihat nama produknya saja, seperti C10 untuk 10% begitu juga seterusnya.


Aku pakai primaderma dimulai dengan yang C10 karena aku berpikir untuk build up kadarnya, tujuannya adalah biar kulitku enggak kaget. Padahal sebenernya bisa dibilang aku ini udah lama banget pakai produk dengan kandungan Vit C, jadi kulitku sendiri sebenernya udah kebiasa. Aku sudah pakai ini selama 2 bulan lebih, jadi sudah habis ekitar 2 botol. Per botolnya sekitar 15ml, aromanya ada sedikit aroma citrus dan teksturnya cenderung kental. Enggak lengket sih menurutku, begitu diaplikasikan kedala kulit butuh waktu nggak sampai 1 menit untuk produknya meresap.

Sebelum aku memutuskan pakai produk ini, aku sempat berhenti menggunakan Vit C didalam routineku, yang ternyata malah bebarengan dengan aku breakout. Aku kurang ingat mana yang membuatku breakout 2 bulan lalu, entah dari perpindahan air dan lingkungan rumah baru atau apa. Yang jelas sempat muncul lebih dari 7 ekor jerawat yang datang dan pergi secara bergantian. Lalu aku mulai memasukkan kembali Vit C kedalam routineku dan VOILA, 2 bulan kemudian para jerawat sudah pergi begitu saja.

Untuk bekas jerawat aku rasa produk membutuhkan waktu yang lebih lama, mungkin dikarenakan kandungannya hanya 10 %. Setelah botol kedua ini aku berencana untuk menaikkan kandungannya ke yang C15 atau 15%, dengan harapan mungkin bisa lebih cepat membereskan totol2 diwajah.

Vit C dalam skincare memiliki banyak sekali fungsi untuk kulit. Selain diklaim membantu mencerahkan dan membereskan jerawat, Vit C juga mengandung antioksidan. Secara tidak langsung itu juga sebuah anti aging. Sayangnya Vit C memiliki side efek yang kering dikulit serta sensitif terhadap sinar matahari. Yang mana kamu harus mulai memikirkan untuk menambahkan hydrating dan lebih rajin lagi menggunakan sunscreen saat mulai treatment menggunakan serum berbahan Vit C.

Untuk harganya, Primaderma ini bisa dibilang cukup murah. Ketiga kadar Vit C nya masing2 enggak ada yang melebihi 70 ribu rupiah. Cukup kejangkau banget kan ya untuk produk berkualitas oke. Sayangnya brand ini masih kurang terkenal dikalanganbeaty enthusiast. Mungkin karena gaungnya yang kurang terasa. Jadi, apakah kamu sudah pernah coba Primaderma Vitalizing C Serum?



You Might Also Like

0 komentar

Blog Stat