DIY Skincare, Yay or Nay?

20.33

Hello..

Kali ini lagi nggak kepengen bahas skincare karena aku lagi suntuk banget. suntuk se-suntuk-suntuknya(???) yah begitulah...

Pernah nggak kalian mendadak liat resep DIY dan hasilnya tokcer (ehem...) buat yang ngereview tapi (uhuuk...) ancur dikamu?  YESSS! aku sering, dan how stupid i am because i never learn.


Sebenernya aku tuh tipe yang concern banget soal ph dan ingre tapi juga terlalu teledor karena mupeng pengen coba sendiri dan DIY itu murah. Jadi galau ya? Oh, maafkan kekuranganku sebagai manusia. (ㆆ_ㆆ)

Dimulai dengan Breakout kedua yang kualami seumur hidupku setelah sembuh dari yang pertama dan mulus sampai beberapa bulan. Bulan November kemarin asal muasal breakout ini terjadi. Wajahku ini tipe acneprone tapi rata-rata penyebabnya dari dalam (misalnya makanan, perubahan hormon dan stress) dan sebagian kecilnya dari luar (produk nggak cocok atau kotoran) tapi ini jarang banget secara aku super concern soal ingredients semenjak aku tau kalau kulitku menolak gluten(oatmeal) dan vit C berbahan dasar lemon extract plus aku supeeeer menjaga kebersihan wajah juga.

Back to Novermber, Aku udah mulai kesel sama siklus haid ku yang nggak jelas banget karena dari smp sering nggak teratur. Lalu pergilah aku beli obat pelancar haid atau yang bikin haid teratur atau apalah itu namanya merknya M Kapsul. Pernah denger kan? yang iklannya ditipi dimodelin Juwita Bahar if i'm not mistaken sih.


Kayak diatas tuh penampakannya, sorry cuma bisa ambil dari google karena punyaku sudah kubuang. Baru minum sekitar 2 hari mendadak muncul jerawat supeeeeeeer gede diidungku hikss hikss hikss (╥﹏╥) dan dari situ aku sadar bahwa siklus haid itu terhubung dengan hormon.

AARRRRRGGGGGHHHHH (jedokin kepala ketembok lalu nangis dipojokan)


Disusul dengan beberapa jerawat lainnya dalam beberapa minggu setelahnya yang kalau dihitung udah diatas 10 deh. dan sayangnya aku nggak sempet foto waktu itu.

Akhirnya aku mengulang treatment jerawatku lagi dari 0. Dalam waktu nggak sampai sebulan, mukaku udah ditumbuhi penduduk-penduduk liar lagi. Oh, God! aku capek rasanya dan mulai ngerasa produk jerawat andalanku nggak mampu lagi. Dan sampai akhirnya aku mencari dan mencari skincare atau apapun untuk jerawatku ini.

Yes, jerawat sukses sembuh setelah sebulan kemudian. Kamu pasti taukan apalagi masalah terbesar setelah jerawat? Yap! Bekasnya. Searching sana sini dan banyak review bilang DIY exfoliator baking soda akan membantu dan yaah aku yang terlanjur pusing dan ruwet lupa sesaat mengenai PH kulit.

Baking Soda
Pada dasarnya kulit normal manusia itu dilindungi mantle acid dan ber PH sekitar 5,5 - 6,5. PH normal dari suatu ukuran adalah 7 tapi kulit manusia bersifat sedikit asam jadi sebisa mungkin gunakan cleanser dan exfoliator yang ber PH antara 3-6,5 agar nggak merusak mantle acid tadi. Gimana sama PH dibawah 3? akan terlalu asam dan biasanya malah membuat kulit iritasi.

Dan mau tau kejutan lainnya? Yap, baking soda ber PH 9. Hasilnya, jerawatku yang tadinya sudah pergi muncul dan tumbuh lagi dari bekas-bekas jerawat yang sebelumnya  *Tepuk tangan dalam hati sambil nangis* mengulang lagi skincare treatment jerawat dari awal pheeew...



Butuh waktu lebih lama dari sebelumnya untuk penuntasan jerawat kali ini sampai sekitar awal Februari tepatnya sminggu yang lalu kulitku mulai menunjukkan perbaikan (seperti diatas). Bisa dilihat kan difotoku bekasnya seperti itu apalagi pas lagi jerawatan seperti apa buruknya T^T. Dan lagi-lagi aku tergoda sebuah DIY toner dari ACV.


ACV atau Apple Cider Vinegar atau Cuka Apel dikenal punya efek ajaib untuk kulit. But, unfortunately not for my skin. Review toner ACV ini WOW banget loh dan bahkan di makeup alley juga banyak yang ngereview positif. Perbandingan 1 banding 3 ACV dan Air bisa jadi toner yang kece untuk MEREKA YANG COCOK.

Its Claim

  • Membersihkan pori-pori lebih dalam
  • Menghilangkan bekas jerawat
  • Mengecilkan pori-pori

Yes, aku tergoda dan aku mencoba. Karena kebetulan ada sisa-sisa ACV dari masker aztec ku (belakangan lebih suka aztec dan cairan jeruk nipis soalnya lebih tokcer, nggak bikin breakout dikulitku juga) dan hasilnya setelah seminggu ini? Pori-pori ku makin kelihatan jelas dan bekas jerawatku ditumbuhi jerawat lagi, walaupun nggak separah sebelumnya tapi tapih... tapihh... ಥ_ಥ

Rasanya pengen ku buang aja mukaku yang terus-terus memberiku masalah ini. Tapi dari sini aku mendapat pelajaran.
Just because everyone is doing something, 
doesn't mean you should too. 

So, apakah ini aku mau bilang DIY itu buruk?
Nggak! Itu kembali ke dirimu masing-masing, selama kamu oke-oke aja ber DIY ria itu nggak masalah. Tapi hati-hati mengenai bahan-bahan yang kamu gunakan. Apakah akan membuat kulitmu makin baik atau memperburuknya?

Nggak semua DIY gagal diaku, contohnya DIY scrub dari kopi-coklat-madu atau teh-madu-cinnamon powder yang sukses di aku. Karena bahannya lebih soft dan mild dikulitku. DIY berbahan alkaline atau acid jelas bukan untukku.

Update 26 Februari 2016

Akhirnyaaaaa.. jerawat matengnya sudah hilang dan bekasnya mulai menipis setelah perjuangan panajang huhuhuhuh >.<

Semangaaaaat buat yang masih berjuang, dan semoga berhasil...

*Lots of kiss (ɔ˘ ³(ˆ‿ˆc)

Ok, Semoga pengalamanku bisa jadi pelajaran buat yang lain dan (EHEM) diriku sendiri untuk lebih hati-hati.

NB : Happy Lunar New Year bagi yang merayakan :)

Terima kasih sudah mampir,
Sha,


You Might Also Like

10 komentar

  1. Peluk . . .
    Sabar n smngt trs ya sist! :D
    Aku jg pernah cb scrubbing pake baking soda dan hasilnya kulit q iritasi. Wkwkwk ^^

    http://dhe-ujha.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa... sabar elus2 dada lalu nanti latah lagii ngikutin orang. hahahah...
      big no deh pake yang aneh2. sekarang make yang pasti2 aja. ngeri sekali ga cocok keroyokan datengnya. mana kuaaat nglawannya ._.

      Hapus
  2. semoga lekas baikan kulitnya. :)
    saya kalau enggak sabaran sama break out langsung ke dokter kulit aja. hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank yoou >.<
      amin amin miin miin mana abis gini ada kencan #eeehhhh
      aku kedokter paling minta obat telen buat ilangin alergi abis makan seafood tapi kalo buat krim sebisa mungkin pake skincare sendiri deh. takut :(

      Hapus
  3. Skin care emang cocok2an ya, Sha dan kita juga nggak bisa dengan mudahnya mengikuti skincare orang lain krn hasilnya bsa beda2. aku sama kayak kamu, kulitnya acneprone jadi harus ekstra dirawat.
    aku sih jarang bikin skincare DIY karena males,hehehe... dan lagi selalu gagal dan bikin muka tambah merana. ujung2nya kalau jerawatan parah, ya ke dokter. atau kalau bisa ku-handle sendiri, aku lebih suka mix match skincare korea krn bnyak yg cocok drpda merek lokal.
    semoga lekas membaik kulit nya... sabar n semangat ya, Sha!

    saycintya.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa beneeer.. good newsnya udah membaik banget tinggal ilangin bekas jerawatnya itu justru yang paling susah daripada pas breakoutnya menurutku. Samaaa.. aku sekarang lebih ke mix and match aja deh, dan banyak2in baca-baca blogger. DIY skincare emang terkesan murah dan alami tapi ternyata banyak hal yang kita nggak tau tentang efek sesungguhnya dikulit.

      entah kenapa cleansingnya aku juga lebih cocok merk impor daripada lokal tapi krimnya masih ada yang bajuss lokalnya dan cocok. pernah ada pepatah investlah lebih banyak di cleanser yang bagus karena itu penentu sama hasilnya dikulitmu. dan aku rasa emang banyak benernya, mau dibilang ganjen doyan produk import la wong kulitku yang lenjeh hihihi..

      kemaren juga sempet kedokter lagih dan dikasih obat aja, aku anti krim dokter. bukan apa-apa cuma lebih suka memperbaiki dan maintenance pake produk pabrikan jadi ga rempong dikit2 dokter.

      Thank yooou semangat *BIG HUG for everyone* >.<

      Hapus
  4. Halo Shasa, salam kenal ^^

    yang sabar yah sha, aku juga sempet breakout kok di daerah jawline sama dagu dan itu stresful banget, segitu kalau pake hijab masih ketutupan.
    Aku juga pernah coba diy yg akhirnya malah bikin tambah gatel dan keluar jerawat kecil2 lagi pas mau sembuh. Aku akuin sih , aku diy nya emang ikut2an orang lain, bukan bahan biasa yg emang udah friendly di kulitku.
    Kesimpulannya, diy itu juga kudu ati-ati, dan kalau aku pribadi diy yg cocok gak akan coba2 yg lain. Dan sekarang tinggal usaha terus buat ngilangin bekasnya aja yg belang2. Pokoknya tips lagi breakout selain ngerubah regime skincare dan diobati adalah ngerubah pola makan yg sehat sama positif thinking dan jangan stress, kalau stress berasa nambah banyak.

    Semangat ya shasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank yooooou semangatnyah~

      hehehe, bener banget! sayangnya aku ini latah loh. latahnya stadium 5 kali wahahaha... Tapi sekarang kalo cari2 DIY sebisa mungkin aku ceki2 dulu PH nya gimana, mild kah dikulit.

      Makanan itu sudah pasti, kalau lagi breakout tuh muka bawaannya sensi deeeh. gorengan dikit udah kasar lagi. Makan apa dikit brujul lagi. hiks hiks hiks...

      Bekas aku lagi coba vit c nya probio nih. reviewnya 10 hari bekas jerawat dan belang2 hilang. baru hari pertama sih karena baru sempet beli keapotik.. siapa tau kamu cocok juga >.<

      Semangat juga yaaa..

      Hapus
  5. Aku tipe orang yang pemalas, jadi kalau disuruh DIY, aaah... beli aja deh di luar banyak, cari yang klaimnya herbal gitu XDDD

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang emang lebih simplenya begitu yaa... enakan begitu emang kok. tinggal pake ga perlu uprek sana sini..

      Hapus

Blog Stat